Tuesday 22 January 2013

Pembangunan Gizi Bangsa Melalui Gerakan Percepatan Produksi Susu Nasional

JAKARTA - Kebutuhan susu segar dalam negeri diperkirakan akan meningkat karena pertambahan penduduk, kesadaran akan gizi yang semakin membaik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun, produksi saat ini yang sebesar 925,8 juta ton baru memenuhi sekitar 20-30% kebutuhan nasional sehingga sisanya masih diimpor.
Rendahnya produksi susu secara nasional antara lain disebabkan terbatasnya populasi dan sentra juga relatif rendahnya produktivitas sapi perah, oleh karena itu, harus ada pedekatan yang komprehensif mulai dari hulu sampai hilir, menyangkut kebijakan budidaya, perdagangan maupun pengolahan.
Pemerintah sendiri telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendukung kecukupan susu produksi dalam negeri dan upaya peningkatan konsumsi susu di masyarakat untuk mendukung swasembada susu nasional 2019 melalui berbagai program revitalisasi persusuan nasional 2012-2014.
Hal inilah yang dibahas dalam 'Semiloka : Pembangunan Gizi Bangsa Melalui Gerakan Percepatan Produksi Susu Nasional' yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian pada Rabu (27/6/2012) di Auditorium Gedung D, Kementerian Pertanian. Semiloka ini menghadirkan pembicara utama dari India yaitu Prof. Dr. Nainar Balaraman.
Menteri Pertanian Dr. Suswono mengungkapkan bahwa Kementerian Pertanian telah membuat beberapa strategi pengembangan usaha sapi perah, yaitu menentukan kawasan (clustering) sapi perah, mendukung pengembangan usaha sapi perah, promosi dan kampanye susu segar, advokasi BOS dengan program PMTAS (Program Makanan Tambahan Anak Sekolah) serta program pengembangan agroindustri susu terpadu berbasis cluster. “Program swasembada susu merupakan program yang perlu kita sukseskan bersama dalam upaya peningkatan gizi dan mencerdaskan anak bangsa serta meningkatkan kesejahteraan peternak,” ujarnya.
Sementara, Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono selaku ketua panitia kegiatan tersebut menyatakan bahwa semiloka ini dilaksanakan sebagai ajang untuk menyampaikan pengalaman tentang berbagai aspek persusuan Indonesia, dari pengalaman para pelaku di bidang budidaya dan pengolahan susu sapi, susu kerbau maupun susu kambing.
Salah satu hal yang melatarbelakangi pelaksanaan semiloka kali ini, tambah Kepala Badan, karena terinspirasi dari pengalaman  India sebagai salah satu negara yang sukses sebagai penghasil susu. “Kehadiran Prof. Dr. Nainar Balaraman kiranya dapat mengilhami kita semua, tentang langkah operasional yang dapat kita petik dari pengalaman India tersebut,” ujarnya.

sumber : http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/1206/



Terimakasih telah membaca artikel Pembangunan Gizi Bangsa Melalui Gerakan Percepatan Produksi Susu Nasional ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel Pembangunan Gizi Bangsa Melalui Gerakan Percepatan Produksi Susu Nasional ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link sumber artikel Pembangunan Gizi Bangsa Melalui Gerakan Percepatan Produksi Susu Nasional. Terima kasih telah berkunjung

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 the colours of life is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger