Saturday, 10 November 2012

Melek Digital Untuk Menyongsong Era E-commerce Indonesia

Melek Digital Untuk Menyongsong Era E-commerce Indonesia


Tidak bisa dipungkiri bahwa perdagangan di Indonesia telah memasuki era e-commerce. E-commerce adalah kegiatan perdagangan yang dilakukan melalui media internet. Barang-barang yang umum dijual secara e-commerce terbagi menjadi tiga jenis yaitu :
  • Barang fisik : pakaian, elektronik, HP, makanan, dll
  • Barang non fisik : E-book, dll
  • Jasa : Jasa Desain, Jasa SEO, Jasa konsultasi, dll

Sedangkan tartup business adalah istilah yang dipergunakan untuk usaha yang baru dimulai. Banyak orang yang berfikir untuk mendirikan startup business membutuhkan modal yang besar. Namun, apabila orang tersebut melek digital, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Salah satunya adalah dengan mendirikan toko online. Mengapa toko online? Berikut ini saya sajikan perbandingan toko offline (ruko/kios) dengan toko online :
PARAMETER TOKO OFFLINE TOKO ONLINE
Modal Besar (sewa tempat) Kecil (domain+hosting sudah cukup)
Karyawan Banyak Sedikit
Jam Kerja Terbatas (09.00 - 10.00) Bebas (24 jam nonstop!)
Jangkauan Lokal (cuma didaerah sekitar) Bebas (tidak ada batasan)
Strategi Marketing Mahal (iklan di koran, cetak spanduk, billboard) Murah (SEO)
Biaya bulanan/tahunan Banyak (listrik, PAM, keamanan) Sedikit (cukup bayar domain & hosting 1 tahun sekali)

*Perpaduan dari toko offline dan toko online adalah cara optimal untuk meningkatkan omzet

toko online saya : distroonlineku.blogspot.com



Contoh forum jual beli di jejaring sosial (https://www.facebook.com/groups/391059197626961/)


Memang biasanya bisnis yang baru dimulai akan banyak menemui hal-hal umum seperti berikut ini :
  • Belum adanya penjualan yang signifikan
  • Masih terus mencari basis pelanggan yang tepat.
  • Inovasi dan strategi pemasaran yang kurang maksimal
  • Kurangnya dana cadangan untuk meng-cover biaya operasional tahap awal.
  • Lemahnya kemampuan memimpin dari si pemilik dalam me-manage bisnisnya, hubungannya dengan semua stake holder yang terkait (pelanggan, supplier, perbankan , karyawan, dll).
  • Kurangnya disiplin, komitmen, kegigihan, usaha serta doa dalam membangun bisnis.
  • Perasaan putus asa yang mulai menghinggapi

Hampir semua bisnis pada awalnya pasti akan mengalami masa-masa sulit (biasanya 3 bulan awal), namun tinggal bagaimana kita sebagai pemilik untuk mengatasi permasalahan-permasalahn yang timbul.

Berikut ini adalah tips dari saya untuk para pejuang startup business :
  • Jangan berpikir instant : untuk mencapai kesuksesan berbisnis online tidak mudah dan se-instant yang di bayangkan. perlu ketekunan dan keinginan kuat dan tidak boleh putus asa.
  • Berpikir positif dan optimis : berpikir positif sangat penting karena kita akan banyak menghadapi hal yang tidak tentu di internet.
  • Berani mencoba : berani mencoba ini penting. karena dengan berani mencoba kita akan mengetahui dimana kekurangan kita dan kita dapat memperbaiki kesalahan kita. jangan sampai kita takut untuk mencoba, karena ilmu yang sudah di dapat akan percuma bila tidak coba di terapkan.
  • Optimalkan strategi pemasaran lewat jejaring sosial (BBM, FB. Twitter).
  • Sering membaca kisah sukses berbisnis online.
  • Optimalkan usaha anda dengan memadukan toko online dan toko offline
  • Optimalkan berdoa dan sholat kepada Yang Maha Pemberi Rezeki




Terimakasih telah membaca artikel Melek Digital Untuk Menyongsong Era E-commerce Indonesia ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel Melek Digital Untuk Menyongsong Era E-commerce Indonesia ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link sumber artikel Melek Digital Untuk Menyongsong Era E-commerce Indonesia. Terima kasih telah berkunjung

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 the colours of life is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger