Tuesday 3 September 2013

Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi

1. Tempoyak
Tempoyak, merupakan makanan hasil olahan dari durian, enak dicampur dengan sambal dan bumbu pepes. Tempoyak memiliki jenis yang beragam (sesuai dengan selera), seperti, tempoyak gurame, tempoyak udang, tempoyak gurame, tempoyak patin, dengan bahan dasar yang dicampur durian, namun tastednya begitu memuaskan selera. Tempoyak bisa digunakan untuk membuat berbagai menu seperti gulai-gulai tempoyak yang cukup terkenal dan menjadi menu utama beberapa restoran dan rumah makan yang menjajakan masakan khas Jambi.

Makanan Khas Jambi



 Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari buah durian yang difermentasikan. Rasanya sangat mengundang selera. Tidak ada orang asli Jambi yang tidak pernah mencicipi makanan terbuat dari asam durian itu.

Tempoyak asli Jambi biasanya baru bisa ditemukan di Jambi ketika musim durian tiba. Tempoyak bisa digunakan untuk membuat berbagai menu seperti gulai—gulai tempoyak—yang cukup terkenal dan menjadi menu utama beberapa restoran dan rumah makan yang menjajakan masakan khas Jambi.

 2. Sup Tulang, Sup tulang ini khas Jambi, kuahnya bening ditaburi daun bawang dan bawang goreng. Daging sapinya empuk dan terasa lezat, yang direbus 4-5 jam.

Makanan Khas Jambi



3. Srikaya Muso dan Gandus, Bahan gandus dari tepung beras, sagu,santan dan daun. Bumbunya, bawang putih dihaluskan, cabe dipotong-potong kecil dan santan diaduk. Setelah bahan dicampur lalu tambah garam. Sebelum disiapkan kue dihias dulu atasnya dengan taburan udang, ebi, ayam, daging giling atau abon ikan Sri Kaya Muso dan Gandus.

Makanan Khas Jambi


4. Dodol Kentang Kerinci, merupakan makanan yang diolah dari kentang,santan kelapa, vanili dan garam secukupnya.


Makanan Khas Jambi


Terimakasih telah membaca artikel Makanan Khas Jambi ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel Makanan Khas Jambi ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link sumber artikel Makanan Khas Jambi. Terima kasih telah berkunjung

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 the colours of life is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger