Thursday 15 November 2012

Andai Aku Jadi Ketua KPK


"Pemberantasan tindak pidana korupsi adalah serangkaian tindakan untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan, dengan peran serta masyrakat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku."
(http://www.kpk.go.id)



Penanganan pemberantasan korupsi tidak hanya dilakukan setelah perbuatan korupsi itu terjadi. Namun, sebelum korupsi terjadi dan saat korupsi terjadi.  Di saat korupsi belum terjadi, perlu strategi preventif untuk mencegah timbulnya korupsi. Strategi preventif itu dapat berupa pendidikan karakter yang kuat kepada para pelajar, mahasiswa, maupun pegawai. Selain itu, dapat pula berupa bentuk kerjasama dengan pemuka-pemuka agama di seluruh Indonesia. Karena dalam struktur sosial, pemuka agama mempunyai pengaruh yang cukup kuat di masyarakat. Semua ini semata-mata dilakukan untuk mencegah timbulnya korupsi.

Upaya preventif yang dilakukan untuk mencegah korupsi bisa saja tidak berhasil sehingga timbul tindak pidana korupsi. Dalam penanganan kasus korupsi, KPK dan pihak yang terkait harus dapat mengungkap pelaku-pelaku tindak pidana korupsi dengan cepat dan akurat serta tanpa pandang bulu. Sanksi sosial berupa pemiskinan paksa perlu diterapkan dengan tegas agar muncul efek jera dan calon koruptor selanjutnya akan takut untuk melakukannya.

Korupsi di negeri ini memang seperti tidak ada habisnya. Beragam peraturan perundang-undangan telah dibuat. Namun, peraturan saja tidak cukup. Perlu adanya niat dan keinginan yang kuat untuk memberantas korupsi dari diri kita sendiri. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? AYO BERANTAS KORUPSI !

link lomba :
http://lombablogkpk.tempo.co/index/tanggal/720/ARDY%20UTOMO.html

Terimakasih telah membaca artikel Andai Aku Jadi Ketua KPK ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel Andai Aku Jadi Ketua KPK ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link sumber artikel Andai Aku Jadi Ketua KPK. Terima kasih telah berkunjung

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 the colours of life is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger