Monday 17 September 2012

Tutorial Android Hello World

Tutorial Android Hello World

Tutorial Android Hello World tentu sudah banyak menjamur di internet. Namun, saya akan mencoba mengulasnya dengan kata-kata saya sendiri (ceileehhh). oke, kita langsung aja membuat project baru dengan menekan Ctrl + N  atau dengan mengklik menu File-New-Other. Maka tampilannya akan sebagai berikut :

ardyutomo25.blogspot.com


Kemudian Pilih Android Application Project dan tekan tombol Next. Maka tampilannya akan seperti berikut :
ardyutomo25.blogspot.com

Isikan helloworld di Applicaation Name. maka secara otomatis package name dan project name. namun, ini hanya terjadi di versi SDK terbaru. di SDK versi lama, kita perlu menuliskan satu persatu application name, project name dan package name. Kemudian, pilih SDK yang digunakan dan batasan minimum SDK yang digunakan. tekan Next.

ardyutomo25.blogspot.com

Gambar diatas hanya terdapat padaSDK versi terbaru. Anda dapat langsung menekan tombol Next.

ardyutomo25.blogspot.com
Anda dapat menekan tombol Next/Finish

ardyutomo25.blogspot.com

Anda dapat membuat nama activity dan nama layout sesuai keinginan anda. Bila sudah, tekan Next. maka akan muncul tampilan seperti berikut ini :

ardyutomo25.blogspot.com

gambar di atas merupakan hirarki dari aplikasi yang akan kita buat. Pertama, mari kita desain tampilan aplikasi dengan memilih activity_main.xml

ardyutomo25.blogspot.com
Gambar diatas adalah tampilan default ketika suatu aplikasi baru kita buat. untuk membuat program hello world, kita tidak perlu merubah apapun. sintaks android:text="@string/hello_world" yang terdapat pada widget TextView merujuk pada file strings yang terdapat pada res/values. untuk mengetahui apa itu widget silahkan baca istilah penting dalam android. Bila file strings di klik 2x maka hasilnya :


ardyutomo25.blogspot.com


kita dapat mengedit file strings ini sesuai kebutuhan. kemudian mari kita berpindah ke class MainActivity.java

ardyutomo25.blogspot.com

tampilan default class MainActivity.java. kita dapat merubah coding di file ini. namun, untuk program hello world kita tidak perlu merubah apapun. klik Run (Ctrl+F11) untuk melihat hasilnya.

Untuk membuat text di android, dapat menggunakan bantuan string seperti pada contoh diatas atau dengan menuliskan secara langsung seperti pada contoh berikut :

ardyutomo25.blogspot.com
Dan hasilnya ketika di Run

ardyutomo25.blogspot.com




Demikianlah Tutorial Android Hello World dari saya. Nantikan tutorial android selanjutnya yah ^^






Terimakasih telah membaca artikel Tutorial Android Hello World ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel Tutorial Android Hello World ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link sumber artikel Tutorial Android Hello World. Terima kasih telah berkunjung

2 comments:

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 the colours of life is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger