Thursday 15 September 2011

Mitos Seputar Haid

Untuk mengatasi masalah ‘kata orang’ mending kita ambil fakta secara logikanya.

1. Selama haid tidak boleh berolahraga

SALAH. Olah raga dapat tetap dilakukan selama haid, walaupun memang terjadi penurunan kemampuan tubuh beraktivitas. Tapi khususnya berenang sedapat mungkin dihindari karena dapat memudahkan terjadinya infeksi.

2. Minum es memperbanyak darah

SALAH. Minum air es pada waktu haid tidak akan mempengaruhi jumlah darah yang keluar. Jumlah darah ini bervariasi pada setiap siklus dan antara tiap wanita.

3. Hindari senggama saat haid

BENAR. Bersenggama saat haid menyebabkan infeksi rahim lebih mudah terjadi. Dapat pula terjadi regurgivitasi yaitu darah haid akan masuk ke saluran telur dan mengenai permukaan alat-alat genitalia internal lainnya seperti indung telur, bagian-bagian uterus (rahim), kandung kemih atau permukaan usus.

4. Jenis Makanan mempengaruhi bau darah

SALAH. Bau darah haid manusia tidak dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Darah haid berbau amis, kecuali bila ada infeksi pada leher rahim atau selaput lendir rahim, maka darah yang keluar akan berbau busuk.

5. Nanas menimbulkan sakit perut

SALAH. Tidak ada larangan khusus untuk tidak mengkonsumsi nanas selama haid.

6. Wanita lebih emosional menjelang haid

BENAR. Menjelang haid, wanita kerap mengalami keluhan seperti mudah marah, perasaan tertekan, emosi kurang stabil, sakit kepala, nyeri payudara dan rasa tidak enak pada perut.

7. Selama haid tidak boleh keramas

SALAH. Keramas waktu haid tidak akan menyebabkan terhentinya darah yang keluar. Pada periode ini kesehatan dan kebersihan diri harus tetap diperhatikan.

8. Semasa haid tidak boleh potong rambut

SALAH. Tidak ada hubungannya antara potong rambut dengan darah yang keluar saat haid. Anda bisa leluasa memotong rambut, jika diinginkan.

9. Saat haid tidur siang, darah naik ke kepala

SALAH. Tidak benar bahwa tidur siang pada saat haid menyebabkan darah naik ke kepala. Justru pada saat dan menjelang haid dibutuhkan istirahat yang cukup sehubungan dengan keluhan-keluhan yang dirasakan.

10. Haid menyebabkan timbulnya jerawat

BENAR. Perubahan hormonal selama siklus haid dapat memnyebabkan munculnya jerawat, terutama pada kulit sensitif.

11. Nyeri haid penyakit tururnan

SALAH. Nyeri haid bukan penyakit turunan. Seorang Ibu yang mengalami nyeri haid, tidak berarti anak perempuannya pasti mengalami hal yang sama.

Tambahan :

"Kalau wanita sedang menstruasi/haid tuh terjadi suatu siklus dimana dinding rahim luruh disertai kontraksi yang di akibatkan estrogen dan progesteron. Masa haid hampir semuanya dipengaruhi oleh hormon itu sendiri,yang juga dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikologisnya."

"Secara medis minum es, tidur siang, atau keramas pas haid boleh saja, karena gak akan mengganggu siklus haid. Tapi untuk minum es, tiap tubuh seseorang berbeda-beda dan memang memiliki respon yang berbeda pula. Boleh saja minum es namun tidak boleh berlebihan".


 sumber : Science and Technology Studies


Terimakasih telah membaca artikel Mitos Seputar Haid ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel Mitos Seputar Haid ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link sumber artikel Mitos Seputar Haid. Terima kasih telah berkunjung

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 the colours of life is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger